Oleh: umarazez | Juni 9, 2008

Hukum Menyembelih dan Hikmahnya

Menyembeliah adalah syarat mubahnya memakan binatang yang halal dimakan dagingnya atau mengambil menfaat dari binatang tersebut. Allah ta’ala berfirman:

dan janganlah kamu memakan binatang-binatang yang tidak disebutkan nama Allah ketika menyembelihnya. sesungguhnya perbuatan yang demikian itu adalah kefasikan ( Qs. Al An’am:121)

“bersegeralah, hewan yang mengalirkan darah (disembelih) dan disebut nama Allah, maka makanlah, selama bukan gigi dan kuku. akan aku beritahukan kepadamu. Gigi adalah tulang, sedangkan kuku adalah pisau orang Habasyah. (HR. Bukhari Muslim)

Hadits ini menjelaskan bahwa pengaliran darah dan menyebut nama Allah merupakan syarat penghalalan memakan daging sembelihan.

Hikmah penyembelihan

adapun hikmah disyaratkannya penyembelihan adalah karena haramnya bnatang yang boleh dimakan terletak pada tempat darah yang mengelir dan tidak bisa hilang kecuali dengan disembelih dan ditikam.

Syara’ hanya menghalalkan makanan yang baik-baik saja. Allah ta’ala berfirman, “Mereka menanyakan kepadamu; Apalah yang dihalalkan bagi mereka”. Katakanlah, “Dihalalkan bagimu yang baik-baik.” (Qs. Al Maidah: 157) Allah juga berfirman, “Dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan begi mereka segala yang buruk.”(Qs. Al A’rafa:157)

hewan dianggap baik jika darahnya mengalir keluar, yaitu dengan car menyembelihnya. Karena itulah, syari’at mengharamkan bangkai karena apa yang diharamkan-yaitu darah yang ma\engalir-masih ada di dalamnya.

hikmah lainnya adalah menjauhkan diri dari syirik dn perilaku-perilaku orang musyrik, dan untuk membedakan antara makanan manusia dan makanan binatang buas. Juga agar menusia selalu mengingat Allah dan memuliakan-Nya karena telah memperbolehkan menghilangkan nyawa binatang untuk dimakan dan diambil manfaatnya… Wallahu a’lam

(diambil dari Fikh Shahih sunnah Bab Ad Dabh-penyembelihan)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: